Android

Review : Unicom Care ITC Cempaka Mas

Jika bicara tentang produk, apalagi perangkat komunikasi semisal smartphone. Maka, pelayanan after sales adalah satu hal yang penting menurut saya. Sebuah smartphone boleh saja memiliki body berlapis metal, kamera tajam, chipset cepat, atau baterai yang tahan berhari-hari. Tapi, semuanya akan terasa percuma jika salah satu komponennya rusak. Jika rusak solusinya hanya dua, menggantinya atau memperbaikinya.

Di sinilah sebuah pelayanan after sales bekerja. Jika beberapa waktu yang lalu kami membahas tentang Xiaomi Exclusive Service Center. Maka, kali ini kami akan membahas Unicom Care ITC Cempaka Mas.

Bagaimana pelayanannya ? bersama Ono di sini. Inilah review Unicom Care ITC Cempaka Mas.

Unicom Care

Unicom Care adalah sebuah jaringan layanan purna jual atau sering dikenal sebagai service center. Unicom Care bekerja sama dengan beberapa merek smartphone antara lain : Nokia HMD – Microsoft – Huawei – Xiaomi – Lenovo-x-Motorola – Wiko – Asus – Movimax – SPC Mobile – Himax – Honor.

Untuk saat ini Unicom Care telah muncul dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Untuk data lengkapnya anda bisa mengklik tautan berikut ini. Jika ada pertanyaan terkait hal tersebut anda juga bisa bertanya melalui akun twitter resmi mereka di twitter.com/unicomcareid

Pelayanan

Singkat cerita, setelah menggunakan Redmi 2 selama ± 3 tahun. Akhirnya, baterai yang ada mulai membengkak.

Walaupun sebenarnya Redmi 2 tersebut masih bisa dipakai. Tapi, saya khawatir akan meledak jika dibiarkan seperti itu. Maka, mengganti baterai adalah pilihan yang paling bijak menurut saya. Setelah pencarian di Tokopedia yang berakhir refund. Saya akhirnya mencari tempat resmi yang bisa mengganti baterai tersebut. Sampailah saya di Unicom Care ITC Cempaka Mas.

Unicom Care ITC Cempaka Mas terletak di gedung ITC Cempaka Mas Lt. 4 Blok I No. 629-632 Jl. Letjend Suprapto, Jakarta Pusat. Letaknya berada di pojok Blok I, jauh dari gerbang utama. Bersebelahan dengan tempat service printer dan aksesoris komputer.

Sebelum ke tempat tersebut, saya memastikan ketersediaan baterai melalui panggilan telephone. Customer Service yang ada cukup responsif dalam menjelaskan ketersediaan barang dan perkiraan biaya yang akan dikenakan. Setelah melalukan obrolan singkat, barulah pada hari minggu saya melakukan kunjungan ke sana. Namun, sayangnya mereka tutup pada hari itu. Padahal menurut jadwal yang ada, mereka buka pada hari Senin – Minggu.

Jadwal Salah Unicom Care ITC Cempaka Mas

Akhirnya pada Selasa, 8 Mei 2018 saya melakukan kunjungan kembali. Datang sekitar pukul 13:00, saya mendapatkan No. antrian terakhir.

Nomor Antrian Unicom Care ITC Cempaka Mas

Ruangan yang ada cukup kecil menurut saya. Dengan jumlah antrian yang cukup banyak saat itu, ruangan yang ada jadi terasa panas. Ditambah lagi, dari sekitar 5 loket yang ada hanya dua yang difungsikan untuk melayani antrian yang ada. Satu kosong dan dua lainnya berfungsi untuk loket perbaikan. Hasilnya, perlu waktu sekitar 1,5 jam untuk akhirnya saya dilayani.

Setelah menunggu untuk waktu yang cukup lama. Akhirnya, saya sampai di loket pelayanan. Seperti biasa mereka akan memberikan pertanyaan terkait perangkat dan garansi. Sebagai catatan, Unicom Care hanya melayani perangkat yang bergaransi resmi. Segala jenis keluhan yang terjadi para perangkat garansi non resmi / distributor tidak akan dilayani.

Pada kasus saya, Redmi 2 yang saya miliki bergaransi TAM dan itu adalah garansi resmi yang diberikan Xiaomi Indonesia. Hanya sekitar 10 menit, perangkat saya langsung diganti baterainya. Ternyata, biaya yang dikenakan lebih murah dari biaya awal. Pada saat menelephone, perkiraan biaya yang dikenakan adalah Rp 300.000. Tapi, ternyata setelah dilakukan pengecekkan hanya dikenakan biaya Rp 125.000.

Nota Unicom ITC Cempaka Mas

Sayangnya tidak ada garansi dari penggantian baterai ini. Tapi, mereka memastikan bahwa baterai yang ada adalah baterai asli.

Kesimpulan

Unicom Care ITC Cempaka Mas sebagai tempat servis resmi telah memberikan pelayanan yang baik. Dimulai dari CS yang responsif, kejujuran biaya, dan keramahan petugas. Sayangnya baterai yang saya terima tidak memiliki garansi. Itu artinya jika baterai saya rusak saya tidak bisa menuntut mereka untuk melakukan penggantian. Walaupun begitu, rasanya saya cukup maklum terkait hal tersebut. Karena perangkat yang saya miliki sudah berusia lebih dari 3 tahun dan ada kemungkinan baterainya tidak akan diproduksi lagi.

Tapi, sampai saya menuliskan review ini. Tidak ada masalah tentang baterai tersebut. Baterai berfungsi dengan baik dan semestinya. Kemungkinan akan saya update kembali jika ada masalah.

Selain, hal-hal di atas. Ada beberapa hal yang menurut saya harusnya dilakukan oleh Unicom Care ITC Cempaka Mas.

Pertama, pindah ke tempat yang lebih strategis. Agak cukup melelahkan menurut saya untuk bisa sampai ke lokasi ini. Lokasinya terlalu di pojok dan jauh dari gerbang utama. Memang tidak sulit untuk menemukannya. Tapi, alangkah baiknya jika lokasinya sedikit berpindah kedepan sehingga memudahkan para pelanggan.

Kedua, menambah petugas dan melebarkan ruangan. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, jumlah petugas sedikit dan ruangan yang ada juga tidak luas. Maka, yang terjadi adalah mengantri jadi lebih lama dan menunggu jadi kurang nyaman.

Ketiga, memperbarui informasi di sosial media. Ini adalah hal sederhana dan yang mungkin paling mudah dilakukan. Hal terdekat yang bisa dilakukan adalah memperbarui informasi tentang jadwal pelayanan.

Itulah review kami tentang Unicom Care ITC Cempaka Mas. Apa kamu punya pengalaman yang sama ? atau pengalaman yang tidak menyenangkan ? silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Saya Mas Wahono, undur diri.

Salam, Juru Review.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén