Android

Review : Vido Earphone (Mic Version)

Akhir – akhir ini saya sedang tertarik dengan dunia audio. Karena ketertarikan itulah saya mencoba mencari sebuah earphone dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang cukup baik. Jika beberapa waktu yang lalu pencarian itu membawa saya pada Edifier H101. Kali ini, pencarian tersebut membawa saya pada Vido Earphone. Sebenarnya tidak banyak hal yang saya tahu tentang earphone yang satu ini.

Tapi, dari beberapa forum audio yang saya baca. Earphone ini termasuk kategori Most Valuable Earbud dibawah harga 100ribu. Dengan label tersebut, saya pun untuk pertama kalinya mencoba earphone ini untuk kebutuhan harian saya. Bagaimana pengalaman penggunaannya ?

Bersama Ono di sini, inilah review Vido Earphone (Mic Version).

Dalam Kotak

Sejauh ini, inilah produk dengan kemasan paling minimalis yang pernah saya buka. Dibungkus dengan kemasan plastik layaknya permen. Kita hanya akan mendapatkan satu unit Vido Earphone dan sepasang busa. Untuk busanya sendiri, terlihat sangat tipis dan mudah robek. Saya sangat menyarankan anda untuk mengganti busa tersebut dengan busa yang kualitasnya lebih baik.

Desain

Vido Earphone Blue Metalic

Earphone yang satu ini berjenis earbud. Unit yang saya miliki berwarna biru metalik. Housing atau kepala earphone terbuat dari bahan plastik. Terdapat label Vido, petunjuk R L, dan tulisan yang saya sendiri tidak tahu apa artinya. Bentuknya terlihat klasik, mengingatkan saya dengan earphone bawan dari Nokia. Dari desainnya sendiri saya tidak menemukan hal istimewa. Benar-benar mirip dengan earphone murah dipinggir-pinggir jalan atau pasar malam.

Tombol Vido Earphone

Housing atau kepala earphone tersebut disambungkan dengan kabel yang cukup tipis. Memiliki ketebalan ± 0,3 cm pada kabel utama dan ± 0,2 cm pada kabel kiri kanannya. Panjang kabel secara keseluruhan ± 1 meter. Di bagian tengah kita akan menemukan microphone dan beberapa tombol. Terdapat tombol volume dan tombol untuk mengangkat telepon. Untuk tombol volume, terdapat 2 bagian. Bagian pertama tombol volume yang memungkinkan kita mengatur volume dari rendah ke tinggi atau tinggi ke rendah secara perlahan. Sedangkan tombol yang kedua, menurun dan menaikan volume secara drastis.

Jack Vido Earphone

Beralih kebagian jack 3,5 mm. Jack yang tersedia belum berplate emas. Terdapat 3 ulir yang menandakan bahwa earphone sudah memiliki mic. Jack tersebut dilindungi oleh lapisan karet.

Kualitas Suara

Sebelum membahas kualitas suara lebih jauh. Satu hal yang perlu anda tahu. Penilaian kualitas suara ini didasarkan pada penilaian pribadi. Dengan rentang pemakaian ± 3 bulan. Perangkat yang saya gunakan adalah Redmi 5A + Snapdragon Audio + Spotify dan Lenovo G480 + Dolby Audio + Spotify.

Hal pertama yang saya rasakan ketika memakai earphone ini adalah sangat berbeda dengan Edifier H101 yang sebelumnya saya gunakan. Earphone ini menurut saya cenderung warm. Memiliki detail yang baik dengan bass yang lebih tebal jika dibandingkan dengan Edifier H101.

Selama beberapa bulan ini saya menggunakan earphone ini untuk kebutuhan mendengarkan musik harian saya. Berbagai macam lagu saya dengarkan. Shape of You – Ed Sheeran, Muara – Adera, Thunder – Dragon Imagine, ONE OK ROCK, beberapa lagu Anime dari Sukima Switch, Goose House, dan 7!!. Serta berbagai lagu lainnya.

Selama mendengarkan berbagai macam lagu tersebut. Vido earphone dapat memainkannya dengan baik. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara satu genre dengan genre lain. Tidak unggul atau lemah di genre tertentu. Jadi, sejauh yang saya coba Vido earphone masuk kedalam earphone All round.

Tapi, jika untuk menonton film saya lebih memilih untuk kembali menggunakan Edifier H101. Karena jujur saya merasa pusing, ketika menggunakan Earphone ini untuk menonton film. Suaranya menjadi campur aduk ketika ada dialog diiringi dengan musik. Ditambah lagi harus memperhatikan adegan yang ada. Terkesan meledak-ledak dan cenderung kehilangan detailnya.

Kesimpulan

Dari sisi build quality, untuk harganya yang sekitar 50 ribuan. Selain bentuk kepalanya yang terlihat tidak modern dan kebesaran untuk telinga saya. Bisa dibilang kalau Vido sudah cukup baik. Hanya saja untuk masalah ketahanan, hal tersebut perlu diuji kembali. Tapi, selama lebih dari 3 bulan ini. Unit yang saya gunakan masih dalam kondisi yang baik. Dengan pola pemakaian hampir setiap hari dengan durasi 1 – 2 jam/hari.

Setelah digunakan saya menggulungnya dan memasukkannya ke tempat bekas minyak rambut.

Penyimpanan Vido Earphone

Dari sisi kualitas suara, Vido earphone dapat memenuhi kebutuhan harian saya dengan baik. Karakteristik suaranya terasa pas bagi saya. Memiliki bass yang lebih tebal dari Edifier H101 dengan detail yang hampir sama. Tapi, seperti yang saya tulis di atas. Kelemahan satu-satunya yang saya rasakan adalah ukuran housingnya yang terlalu besar. Untuk saya pribadi, telinga akan terasa sakit jika menggunakan earphone ini terlalu lama. Sebagai bahan perbandingan saya bisa tahan menggunakan Edifier H101 selama 30 menit lebih dan kurang dari 30 menit jika menggunakan Vido.

Intinya, diluar masalah kenyamanan yang saya rasakan. Vido memberikan pengalaman mendengarkan musik yang menyenangkan. Earbud bertipe all round yang memiliki bass yang cukup bisa diandalkan. Sebagai bonus tambahan mic yang disertakan juga dapat berfungsi dengan baik. Setidaknya cukup untuk kebutuhan menelphone anda.

Punya rekomendasi earphone ? tulis rekomendasi kamu di kolom komentar yang ada di bawah.

Saya Mas Wahono, undur diri.

See you on the next review.

Salam,

Juru Review.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén