Komputer

Review : Logitech Wireless Keyboard K375s

Produktivitas adalah satu hal yang penting bagi saya. Sering kali saya melakukan banyak hal dalam satu waktu. Menulis review di laptop, membalas WhatsApp di smartphone , dan melihat referensi di YouTube. Tapi, satu hal yang sulit membuat semua itu dalam satu waktu adalah mengetik. Saya harus berpindah-pindah dari perangkat ke perangkat lain.

Semoga saya dapat mencoba Logitech K380 untuk menemani kegiatan tersebut. Namun, laptop yang saya miliki tidak memiliki konektivitas bluetooth . Sudah berpikir untuk membeli adaptor bluetooth lalu menyambungkannya ke Logitech K380 . Tapi, hal itu akhirnya saya bertemu dengan Logitech K375s.

Logitech K375s. Sebuah keyboard nirkabel yang dapat terhubung dengan perangkat bluetooth dan non bluetooth . Sebuah keyboard yang akan cocok dengan saya. Sudah lebih dari sebulan saya menggunakan keyboard yang satu ini.

Bersama Ono di sini. Inilah ulasan Logitech Wireless Keyboard K375 s.

Dalam Kotak

Dalam kotak penjualannya kita akan mendapatkan 1 unit receiver , 2 unit baterai hingga AAA, 1 unit stand holder untuk smartphone atau tablet , beberapa lembar dokumen produk, dan 1 unit Logitech Wireless Keyboard K375s.

Desain

Unit yang saya pakai berwarna hitam dengan aksen abu-abu pada tombol switch bluetooth dan dudukan berdiri nya. Warna lain yang tersedia adalah warna hitam dengan aksen putih. Ada warna keyboard yang saya temukan ini akses jelek. Tapi, pilihan warna dengan aksen putih menurut saya lebih bagus. Aksen putihnya tidak membuat monoton.

Logitech K375s Abu-abu Hitam

Logitech K375s White Black

Logitech K375s adalah ukuran penuh keyboard . Di area tombol-tombolnya tidak banyak hal yang berbeda dengan keyboard full size Logitech lainnya. Perbedaan paling besar adalah tombol switch bluetooth yang tersedia di pojok kiri atas. Tepatnya di sebelah tombol “ESC”.

Tombol Switch Bluetooth Logitech K375s

Tepat di bawah tombol-tombol tersebut terdapat lampu indikator bluetooth . Lampunya akan menyala saat Anda mengeluarkan tombol-tombol tersebut. Lampu ini juga menandakan keyboard aktif pada perangkat yang ke berapa. Perangkat 1, 2, atau 3. Tombol 1 dan 2 untuk bluetooth dan tombol 3 untuk penerima nirkabel .

Perbedaan lainnya terdapat pada detail tombol-tombolnya.

Tombol-tombol Logitech K375s

Jika diperhatikan dengan seksama. Tombol-tombol yang ada pada keyboard menelepon datar tapi agak cekung. Serta, sisi-sisinya tidak kotak atau persegi. Tombol-tombolnya memiliki lengkungan di sisinya sisinya. Tombol-tombol dengan bentuk seperti ini memberikan kenyamanan lebih saat mengetik, menurut saya.

Beralih kebagian belakang. Di pojok kanan dan kiri atas berdiri yang dapat mengatur kemiringan keyboard . Selain itu, di pojok kiri atas tombol Tombol On / Off dan tempat untuk baterai. Baterai yang merupakan 2 buah baterai sesuai AAA.

Bagian bawah Logitech K375sBagian baterai Logitech K375s

Lubang udara dan beberapa sambungan juga masih bisa kami temukan pada keyboard nirkabel yang satu ini. Bahkan keyboard ini tidak tahan udara. Tapi, berkat lubang udara yang tersedia kita masih bisa tenang jika keyboard hanya mengandung cipratan udara. Bantalan yang ada di bawah keyboard juga membuat keyboard tidak mudah bergeser dari meja.

Bantalan dan lubang air Logitech K375s

Selain keyboard , dalam berdiri juga . Stand holder ini dapat Anda gunakan untuk menempatkan smartphone atau tablet Anda. Dengan catatan, perangkat yang Anda miliki ketebalannya tidak lebih dari 10,5 mm.

Stand holder terbuat dari bahan plastik yang keras. Memang tidak ada yang istimewa dari berdiri , Anda tetap dapat menggunakan berdiri selain Anda. Karena pada dasarnya berdiri yang tersedia untuk perangkat Anda.

Dudukan berdiri 1 Logitech K375s

Kenyamanan

Ukuran. Meskipun ukuran keyboard ini tidak lah kecil yaitu 20,5 mm x 435,5 mm x 137,5 mm. Namun, berkat desainnya yang sangat sulit tidak terlalu menghabiskan wilayah meja kerja. Ditambah lagi bobotnya hanya sekitar 475 g, bobot tersebut sudah termasuk dengan 2 buah baterai.

Multi Perangkat. Salah satu alasan utama saya memilih keyboard ini adalah kemampuannya untuk terhubung ke berbagai perangkat. Keyboard ini mendorong sistem operasi windows, android, mac OS, iOS, dan Chrome OS. Untuk konektivitasnya juga dapat menggunakan bluetooth dan receiver nirkabel . Receiver nya sendiri telah mendukung Sistem Unifying .

Receiver Logitech K375s

Maka, jika Anda memiliki mouse Logitech yang juga mendukung Sistem Unifying. Maka, Anda dapat membahasnya dengan keyboard yang satu ini. Saya pribadi, dengan perangkat mouse Logitech M235.

Pasangan dan mengetik. Kemudahan adalah hal yang akan Anda rasakan untuk menghubungkan keyboard Anda dengan perangkat lain. Cukup tekan tombol bluetooth selama 3 detik. Lalu, sambungkan dengan perangkat yang Anda inginkan. Maka, dalam hitungan beberapa detik keyboard tersambung.

Ringan adalah hal yang saya rasakan pada keyboard ini. Saya rasa ini adalah keyboard full size ternyaman yang saya rasakan sampai kadar ini. Sebelum lebih baik jika dibandingkan dengan Logitech MK345 .

Meskipun begitu, saya merasakan sedikit penundaan untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain. Penundaan nya sekitar 1-2 detik. Penundaan yang tidak terlalu lama. Tapi, ternyata menganggu saya.

Lain hal, untuk beberapa aplikasi kita tidak bisa menggunakan tombol “Enter” sebagai kirim . Untuk beberapa aplikasi seperti SMS dan WhatsApp, kami harus mengirim pesan kepada kami. Di aplikasi lain seperti LINE, cara-cara tersebut tidak bisa digunakan. Ada kemungkinan beberapa aplikasi juga demikian. Jadi, kami harus mengirim secara manual pada layar perangkat yang kita miliki. Atau mengaktifkan fitur enter as send di settingan aplikasi Anda jika memang ada.

KESIMPULAN

Logitech K375s adalah sebuah keyboard nirkabel yang hampir ideal bagi saya. Bisa tersambung ke 3 perangkat sekaligus, bentuk ramping, sistem unifying support . Namun, beberapa rinciannya tidak sedikit dilupakan oleh Logitech. Ada 3 hal yang menurut saya kurang dari keyboard yang satu ini.

Pertama, tidak tersedianya tempat untuk menemukan penerima . Dengan tidak tersedianya slot tersebut. Maka, Anda harus berhati-hati saat ini untuk memiliki keyboard ini. Seperti yang Anda lihat di atas, receiver yang tersedia sangat kecil. Jadi, pasti akan sulit ditemukan jika saat ini terselip atau jatuh.

Kedua, tidak tersedianya lampu indikator numlock, caplock, atau pun On / Off . Seharusnya lampu indikator tersebut dapat disediakan. Area yang dibutuhkan masih cukup luas.

Area kosong Logitech K375s

Ketiga, tidak ada konektor untuk pengisian pada dudukan berdiri . Untuk yang satu ini Sebenarnya bukan sebuah kekurangan. Tapi, saya harap ini ada. Karena pemegang stand yang tersedia hanya pemegang dudukan biasa. Jika ditambah konektor untur charging pasti akan menambah fungsionalitas dari keyboard ini. Akan memungkinkan biaya pasti akan lebih mahal.

Jadi, untuk keyboard yang siapakah ini? untuk Anda yang sering terhubung dengan komputer, smartphone atau tablet secara bersamaan. Sering melakukan aktivitas antara perangkat dan penghematan keyboard ukuran penuh yang ringan. Serta, memiliki mouse yang mendukung sistem unifying bisa menjadi nilai tambah.

Semoga tulisan ini bisa membantu Anda. Untuk hal-hal yang tidak ada pada tulisan ini, silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah. Saya pun akan senang hati jika Anda menambahkan hal-hal yang saya berbakat.

Saya Mas Wahono undur diri.

Sampai jumpa di review berikutnya.

Salam,

Ulasan Juru.

7 Comments

  1. Paman Linggar

    K120 itu keyboard entry level logitech, keyboard standart yg cm buat ngetik saja. Ini bukan soal empuknya… Jd maksud sy feel pas neken itu kurang dalem tp emg keyboard K375s ini didesign flat samalah kyk tipe keyboard laptop. Buat yg tipikal kyk sy yg nyari sensasi pas ngetik kurang pas klo mk keyboard ini. Soal sensasi sy ngga bandingin sm keyboard mekanik ya karena udah beda kelas. Kayaknya klo liat designnya sy malah cocok yg tipe MK345

    • Iya, pak. feelnya hampir sama dengan keyboard laptop.

      Mungkin, ini cuma masalah selera dan kebiasaan aja kali ya. Saya terbiasa ngetik di laptop yang punya tuts flat. Jadi, pakai K375s itu terasa pas dijari saya. Jadi, kalau sudah terbiasa dengan keyboard semodel dengan K120. Keyboard-keyboard yang modelnya hampir sama seperti MK345 sepertinya akan lebih cocok.

      Ya, ini sekali lagi tentang selera dan kebiasaan.

  2. Tio

    Mau tanya.. saya baru beli K375s setelah sukses pairing ke HP cara menonaktifkan bluetooth agar bisa dipakai di pc biasa mengginakan receivernya gimana ya?

    • Langsung tekan tombol switch bluetooth yang ke 3 beberapa detik. Untuk lebih jelasnya bisa tonton video pairing yang ada di atas.

  3. Jessica

    hai kak… kalo saya ada mouse logitech m585, apakah bisa hanya pakai 1 unifiying utk connect keyboardnya? thanks

  4. makasih sudah berbagi informasi, ditunggu artikel selanjuntnya

Leave a Reply

Theme by Anders Norén